7 penyebab smartphone panas dan cara paling ampuh mengatasinya

Penyebab hp anda panas 

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan termasuk, kondisi lingkungan dan penggunaan berlebihan sering jadi penyebab utamanya hp panas bisa menyebabkan hp cepat rusak dan berbahaya untuk digunakan. 

Terlebih memaksakan untuk digunakan akan berakibatkan yang sangat fatal. apabala hp anda digunakan dalam waktu yang sangat lama dan terasa panas itu masih wajar. Namun jika hp cepat panas walau hanya dipakai sebentar, 

Anda perlu memperhatikan apa penyebabnya. Berikut ini 7 penyebab hp cepat dan cara paling ampuh untuk mengatasinya.

7 penyebab smartphone panas dan cara paling ampuh mengatasinya

Mari simak penyebab Hp Cepat Panas

1. Sinyal Selular Lemah atau tidak setabil

Saat sinyal provider lemah atau tidak stabil, akan menyebabkan kondisi hp kita yang bekerjakeras untuk menjangkau sinyal tersebuy. Ini menyebabkan hp cepat panas. Bahkan saat tidak digunakan sekalipun, hp terus menerus mencari sinyal sehingga suhu perangkat makin tinggi dan baterai cepat habis.

Langkah untuk mengatasinya, cukup matikan sinyal selular terlebih dahulu. dan Hubungkan hp ke WiFi supaya internet lebih lancar. Selain itu, beban hp juga berkurang untuk mencari sinyal, hubungkan kembali ke jaringan selular apabila sudah dirasa membaik

2. Baterai Bermasalah atau sudah minta ganti

Saat kinerja baterai menurun dan tidak stabil, daya baterai akan cepat bocor. Ini menyebabkan baterai cepat habis, Selain itu baterai bocor juga membuat hp akan terasa cepat panas.apabila yang bermasalah adalah baterai, bagian sisi hp yang cepat panas ada di bagian baterai atau bodi belakang, 

Apabila baterai yang rusak waspadala ini sangat serius, Karena banyak sekali kasus hp meledak disebabkan masalah pada baterai yang seharusnya di ganti

3. Bug pada Sistem Operasi hp kita Android maupun Iphone

Penyebab hp cepat panas berikutnya adalah karena ada bug pada OS atau Operating System, bug pada OS bisa akan membuat konsumsi daya melebihi batas normal. Karena bug dari os tersebut membuat seolah-olah aplikasi bawaan bekerja terus menerus di latar belakang dan mengakibatkan hp anda terasa panas.

Solusi untuk memperbaikinya cukup dengan update sistem operasi, atau bisa melaporkan pada halaman yang disediakan oleh penyedia hp anda untuk segera mereka pesiapakan update terbaru

4. Bug pada Aplikasi yang di pasang

Bug atau eror juga dapat terjadi di aplikasi hp anda. Salah satu bug yang menyebalkan adalah membuat aplikasi berjalan terus di latar belakang, atau aplikasi tersebut sudah tidak kompetebel lagi untuk digunakan. atau bisa karena eror karena gagal terhubung ke server juga membuat aplikasi bekerja terus-terusan.

Selain memakan RAM dan baterai, aplikasi yang berjalan terus menerus pada latas belakang membuat hp cepat panas. Solusi mengatasinya bisa dengan update aplikasi di App Store atau Play Store jika sudah tidak tersedia update aplikasi, anda bisa uninstal aplikasi untuk sementara waktu sampai rilis versi terbaru.

5. Lingkungan disekitar kita yang cukup Panas

Adapun penyebab berikutnya paparan sinar matahari langsung membuat suhu hp cepat panas. Suhu hp sebenarnya sudah disebabkan oleh kinerja diprangkat kita,dan apabila ditambah dengan suhu panas dari luar. Suhu hp jadi 2 – 3x lebih panas dari normalnya.

Ataupun meletakkan hp di dashboard mobil juga membuat hp panas. Suhu yang sangat tinggi dapat merusak hp, bahkan beberapa ada kasus hp meledak karena meletakan hp di dashboard.

6. Main Game dalam Waktu Lama dan terhubung dengan charge

Setiap game pasti kan menyebabkan pengurasan baterai yang sangat ampuh, Game membuat layar, chipset, RAM, dan storage bekerja ekstra keras. dari aktivitas yang dilakukan menyebabkan hp akan cepat panas. 

Main game dengan intensitas tinggi sebenarnya tidak baik untuk kesehatan hp Anda bahkan berbahaya apabila sambil tersambung dengan kontak charge bisa bisa memicu panas yang menyebakan meledak.

7. Menggunakan Charger Palsu Pada hp Anda

Penyebab yang satu ini sangat berdampak buruk pada baterai maka dapat membuat hp cepat panas. Penyebab baterai rusak bisa bermacam-macam. 

Salah satunya adalah penggunaan charger palsu atau tidak sesuai dengan voltase. Pasokan daya dari charger palsu tidak sesuai dengan kebutuhan hp anda atau over, hal ini yang bisa merusak baterai dan komponen pengecasan.

Apalagi daya listrik yang tidak sesuai di baterai membuat kinerja baterai menurun, Kerusakan pada komponen charging membuat hp cepat panas. Hindari penggunaan charger palsu atau tidak sesuai, Kalau mau beli charger merk lain yang terpercaya dan sudah diuji oleh reviewer, maka kebutuhan daya pada ponsel anda akan terpenuhi dengan baik.

7 penyebab smartphone panas dan cara paling ampuh mengatasinya

Nah itu dia macam-macam penyebab hp anda panas dan solusinya, adapun untuk menjaga dari hal yang tidak di inginkan ada baiknya kita memperhatikan penggunaan ponsel kita dengan teliti untuk kenyamanan dan keamanan kita sendiri.

Mungkin itu dulu yang bisa sini review share, tinggal kan komen dan share artikel ini apabila bermanafaat see uu

Posting Komentar

Posting Komentar